Cara Menggunakan Symbol Sprayer Tool Adobe Illustrator Untuk Design Grafis Pemula - Tulisan Cipta!

06 May 2022

Cara Menggunakan Symbol Sprayer Tool Adobe Illustrator Untuk Design Grafis Pemula

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membagikan tutorial atau cara bagaimana menggunakan Symbol Sprayer Tool yang ada di Adobe Illustrator untuk para designer pemula. Saya menggunakan adobe illustrator 2020.

Yang ditandai merah adalah tool yang akan kita gunakan untuk Symbol Sprayer Tool

Sebenernya apa sih fungsi dari tools tersebut ? Jadi ya menurut saya pribadi tool ini berfungsi untuk membuat efisiensi objek vector yang sering kita gunakan untuk mempercantik atau menambah nilai design menjadi lebih bagus. Bisa kita lakukan berulang-ulang.

Adobe illustrator sudah menyiapkan banyak sekali jenis symbol yang bisa kita gunakan seperti pada gambar dibawah ini. Kalian tinggal pilih mana aja yang pas sesuai dengan kebutuhan design kita. 


Selain bisa menggunakan symbol yang sudah tersedia di adobe illustrator, kamu juga bisa membuat sendiri symbol untuk bisa kamu gunakan berulang kali.

Yuk langsung aja kita coba menggunakan tools ini, saya akan menulis 2 cara. Yang pertama menggunakan symbol bawaan illustrator itu sendiri dan yang kedua kita buat symbol sendiri lalu digunakan untuk keperluan design kita.

A. Menggunakan symbol yang ada di library adobe illustrator

1. Buka Adobe illustrator ( di sini saya menggunakan versi 2020 )

2. Klik logo tool symbol   yang ada di sebelah kanan panel illustrator

3. Lalu klik icon  Symbol libraries menu yang ada di pojok kiri bawah.

4. Pilih symbol yang akan kita gunakan sesuai keperluan. Sebagai contoh saya menggunakan symbol yang ada pada grup Web Icons. Karena saya mau menggunakan symbol yang berhubungan dengan icon yang berkaitan dengan website.

5. Klik symbol yang sudah kita pilih lalu klik tool sprayer tool yang ada di panel sebelah kiri

6. Arahkan ke lembar kerja illustrator sesuai dengan kebutuhan. Contoh yang saya gunakan pada gambar berikut :


Untuk membuat symbol menjadi editable atau agar bisa di edit dan diubah warna, cukup klik kanan lalu klik Break Link To Symbol.

Selesai deh symbol bisa kita edit dan dicustomasi.

A. Membuat Sendiri Symbol Untuk Sprayer Tool

1. Buka Adobe illustrator ( di sini saya menggunakan versi 2020 )
2. Buat gambar vector sendiri apa saja , disini saya coba membuat contoh yang mudah yaitu gambar bintang (vector)
3. Drag vector yang sudah kita buat ke panel symbols seperti gambar dibawah ini.

4. Muncul symbol options ketik "bintang" lalu OK
5. Kali ini vector bintang yang sudah kita buat tadi sudah menjadi symbol dan bisa kita gunakan spray tool nya.
6. Klik symbol bintang yang sudah kita pilih lalu klik tool sprayer tool yang ada di panel sebelah kiri
7. Arahkan ke lembar kerja illustrator sesuai dengan kebutuhan. Contoh yang saya gunakan pada gambar berikut :

 

Untuk membuat symbol menjadi editable atau agar bisa di edit dan diubah warna, cukup klik kanan lalu klik Break Link To Symbol.


Nah itulah cara mudah dan simple menggunakan symbol sprayer tool, kamu bisa coba sendiri sekarang yah

Biar lebih mudah kamu bisa nonton videonya di Sini 







 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda