Perbedaan Mbps dan MBps ( Beda di huruf “B” ) Pada Kecepatan Internet - Tulisan Cipta!

17 September 2020

Perbedaan Mbps dan MBps ( Beda di huruf “B” ) Pada Kecepatan Internet

Zaman semakin berkembang dengan pesat khususnya teknologi di Indonesia, kebutuhan internet dengan kecepatan tinggi nampaknya masih menjadi masalah. Minimnya fasilitas yang disediakan oleh penyedia jasa internet dan letak pesebaran geografis menjadi salah satu hambatan persaingan teknologi yang dialami Negara kita. 

Perlu kita tahu bahwa Negara kita menempati urutan ke 122 peringkat rata-rata penggunaan internet menurut laporan State of the Internet. Tentu kita sudah tidak asing dengan kata 4G Lte, Lte sendiri singkatan dari (Long Term Evolution). 

Istilah tersebut digunakan untuk standarisasi generasi keempat pada teknologi telepon selular. 4G sendiri merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yang bernama 3G dan 2G. Beberapa faktor yang sering kita temukan dilapangan adalah, mengapa ya kecepatan internet kita hanya 200 s.d 800 KB (Kilobyte ) per detik, padahal keterangan yang tertulis pada penyedia jasa internet tertera sebesar 200Mbps. Seharusnya kan bisa lebih cepat dari ekspektasi. 

Dan kadang kita sempat berfikir mungkin device kita yang bermasalah dan faktor cuaca ditempat kita. Nah ini dia Perbedaan Satuan Kecepatan Internet yang harus kita tahu. Tentang pengertian Mbps yang tidak dijelaskan oleh pihak penyedia jasa internet mungkin untuk menarik minat pengguna, tetapi sebagai pengguna yang cerdas, kita harus bisa mengetahui hal semacam ini. 

Mbps adalah singkatan dari Mega bit per second yang adalah satuan untuk mengatur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bit. MBps adalah singkatan dari Mega Byte per second yang artinya satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan Byte. 

Terkait kecepatan internet, jika ternyata kecepatan internet yang kamu terima itu lebih lambat daripada yang diiklankan, 
coba perhatikan list berikut: 

Baca Juga : Perbedaan Mendasar WhatsApp & WhatsApp Business


1 byte : 8 bit 
b : bit 
B : byte 
Kbps : Kilo bit per second 
KBps : Kilo Byte per second 
MB : Mega Bytes 

Untuk besaran file Mbps : Mega bit per second MBps : Mega Byte per second Jadi, meski terlihat serupa namun nilainya tidaklah sama, antara Mbps dan MBps masing-masing sifat serta makna yang berbeda. Dengan demikian, jika kecepatan internet kamu tidak sesuai yang tertera di paket penjualan, bisa jadi kamu selama ini salah menafsirkan iklan tersebut hehehe. 

Contohnya saat kamu berlangganan untuk paket internet yang menawarkan dengan kecepatan download up to 150Mbps. Itu artinya saat download kamu akan mendapat kecepatan seperti itu, tetapi: 150Mbps = 150000kbps, ini sama artinya dengan 150000/8 = 18.750 KBps atau sekitar 18MBps Jadi, saat kamu mendownload sebuah file, kecepatan per detik dari file yang kamu download maksimalnya adalah 18MB per detik, bukan 150MB per detik. 

Kenapa operator memilih menggunakan angka 150Mbps daripada angka 18MBps? Padahal kecepatan keduanya sama. Hanya jika melihat angkanya, jelas akan membuat kamu tertarik karena terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan? 


ARTIKEL IT, GADGET, INTERNET, KOMPUTER, MOBILE PHONE, TABLET, TEKNOLOGI INFORMASI, TIPS DAN TRIK, EDUKASI

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda