Merubah Alamat URL IP Adress Dengan Sub Domain - Tulisan Cipta!

20 May 2021

Merubah Alamat URL IP Adress Dengan Sub Domain




Di kesempatan kali ini saya akan memberikan pengalaman lagi, kebetulan ini kejadian pada diri saya sendiri dan sangat menyenangkan bisa mempunyai ilmu baru walaupun banyak banget bersliweran info pengetahuan di goolge tapi kadang kita tidak mudah bisa menyerapnya begitu saya. Kali ini saya coba menjabarkan secara simple dan mudah dimengerti.

Kasusnya seperti ini :

Saya punya alamat IP adress yang alamatnya misal 88.25.245.002, nah saya ingin sekali merubah alamat tersebut dengan sub domain dari alamat web yang sudah saya punya . contoh alamat web yang saya punya sekarang ini kan ciptadsgn.my.id lalu saya ingin mendirect / mengarahkan IP adress 88.25.245.002 ke sub domain store.ciptadsgn.my.id. 

Saya pun dengan mudah mendirect IP adress tadi dengan sub domain yang saya buat. Namun subdomain ini hanya sebagai pengalih saja dan tampilan urlnya tidak berubah tetap 88.25.245.002 pada adress bar

Pertanyaannya 

Bagaimana caranya agar alamat IP adress 88.25.245.002 berubah dengan subdomain store.ciptadsgn.my.id ketikan diketikan ke adress bar ?

Jawabannya adalah sebegai berikut :

Anggap saja kita sudah mendirect IP adress tadi ke subdomain

1. Buka Cpanel website kita contoh ciptadsgn.my.id/cpanel

2. Pilih TAB Domain -> Zone Editor

3. Klik Kelola atau Manage

4. Ketik sub domain di pencarian ( store.ciptadsgn.my.id ) klik filter A

5. Akan muncul 2 alamat yang sama namun mempunyai fungsi yg berbeda yg pertama store.ciptadsgn.my.id ( tanpa www ) yang kedua www.store.ciptadsgn.my.id ( dengan www )

6. Pilih yang (tanpa www ) store.ciptadsgn.my.id klik edit

7. Pada kolom record masukan alamat IP Adress 88.25.245.002 lalu SAVE Record

Anda baru saja merubah alamat url ip adress dengan sub domain, namun jika masih belum berubah tunggu hingga 1x24 jam atau dicoba dihapus cache pada browsernya.

Sekian terima kasih




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda