Awal mula mulai pake adobe illustrator. Curhat dikit ya hehehe - Tulisan Cipta!

11 February 2022

Awal mula mulai pake adobe illustrator. Curhat dikit ya hehehe






Halo, pada kesempatan kali ini saya ngga buat postingan yang berisi tentang tutorial ya. Saya mau coba posting tentang pengalaman saya sendiri gimana si awal mula bisa pake adobe illustrator dan apa keuntungan yang kita dapatkan jika menggunakan software ini.

Saya bekerja di salah satu perusahaan mitra telekomunikasi. Tugas saya disini adalah sebagai seorang kreator design/marcomm/admin atau apalah yang serba berbau dengan komunikasi design.

Hampir 8 tahun lamanya saya menggunakan corel draw untuk membuat suatu design. Dan sesekali mencoba menggunakan illustrator namun sangat kontras sekali dan sulit untuk melakukan perubahan pada kebiasaan sistem kerja yang biasa kita lakukan di corel draw. Kenapa bisa saya katakan sulit ?

Karena tools dan shortcut atau menu yang ada di corel draw dan illustrator sangatlah jauh berbeda. Butuh waktu beradaptasi dengan illustrator. Sering mampir ke illustrator sesekali namun langsung nyerah karena beda sekali hehe. 

Setiap kali ada promo terbaru dari pusat yang berisikan file2 vector namun berekstensi ai & pdf agak menyulitkan saya untuk mengeksekusinya, walaupun file pdf & ai bisa juga kita buka di corel, kadang kala ada saja errornya. Alhasil saya harus membuat ulang dan sebisa mungkin dibuat mirip dan inilah waktu yang terbuang.

Pada saat itu sayapun bertekad untuk membuat semuanya jadi efisien, dan saya harus bisa setidaknya tahap basic dalam mengoperasikan illustrator.

Hari demi hari, yaelah kaya apa aja hehehe. Bulan berganti bulan, berulang-ulang kali saya mencoba, saya sering menggunakannya, alhamdulillah tetep ga bisa juga yuhuuu~

Ya semuanya harus berproses lah ya ada waktu sekitar 8 bulanan untuk bisa fasih dan hijrah atau berpindah dari corel ke ai. Sampai dititik dimana saya frustasi karena sulitnya saya beradaptasi dengan illustrator, sayapun coba coba untuk googling / youtube atau semua ilmu illustrator saya cari saya pelajari saya praktekan.

Baca juga : Mengenal Adobe illustrator

Keuntungan menggunakan adobe illustrator

1. Gambar jadi lebih tereksplore bagus

2. Mudah membuka file hasil download vector di situs vector seperti freepik, vectezy dll

3. Kita jadi lebih seperti profesional

itu si kalau menurut saya, kalau ada tambahan boleh kalian bantu di komentar ya

Ada usaha pasti ada hasil. Iyah itulah kata terakhir kalimat yang akan saya tulis disini. Saat ini saya sudah sekitar 2 tahunan berhasil mengoperasikan illustrator dan hampir sama sekali jarang menggunakan coreldraw. Semuanya berjalan lancar semuanya berjalan bertahap, banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan di Instagram, youtube atau sosmed lainnya. Saat ini digitalisasi perkembangan teknologi komunikasi bisa kita genggam dengan mudah.

Kuncinya adalah kita harus mencoba terus terus dan terus. Tetap semangat ya


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda