Pengertian Internet, Perkembangan Serta Sejarahnya - Tulisan Cipta!

23 September 2020

Pengertian Internet, Perkembangan Serta Sejarahnya



Pengertian Internet

Internet adalah salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Perkembangan jaman di era teknologi saat ini semua serba menggunakan internet. Dari kota hingga pelosok desa sudah hampir semua terjamah jaringan internet.

Internet sendiri singkatan dari (Interconnected Network). Sebuah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet ( TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.

Asal usul internet bermula pada tahun 1960-an dari sebuah penelitian yang ditugaskan pemerintah federal Amerika Serikat untuk membangun komunikasi yang kuat terhadap kesalahan dengan jaringan komputer. Sayangnya internet tidak memiliki tata kelola yang terpusat sehingga dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk mengakses setiap jaringan menetapkan kebijakannya sendiri.

Protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan pada tahun 1982. Pada saat itu juga nama domain sudah mulai dipakai 4 tahun setelahnya. Jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai untuk dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET. NFSFNET ini adalah suatu wadah riset yang terkait di Amerika Serikat yang peranannya menggantikan ARPANET.


Masuknya Internet ke Indonesia.

Pada tahun 1990-an barulah internet masuk ke Indonesia. Namun saat itu jaringan internet di Indonesia masih dikenal sebagai Paguyuban Network. Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol internet (IP) pertama  dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono, Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto. dan Onno W Purbo merupakan beberapa nama-nama legendarin  diawal pembangunan internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing dari mereka telah berkontribusi untuk mendedikasikan keahliannya dalam membangun sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Internet Masa Sekarang

Saat ini penggunaan internet sangat besar dan semkin berkembang. Budaya internet saat ini pengaruhnya sangatlah besar untuk kemajuan teknologi, pandangan dunia dan seluruhnya. Kita bisa berkunjung ke berbagai belahan dunia hanya tinggal sekali klik di Google. Internet juga sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi pada suatu negara. Saat ini banyak sekali penjual yang berbasis online, pembayaran via non tunai, transaksi perbankan pun sudah online. Semakin canggihnya teknologi tidak lepas dari keberadaan internet itu sendiri.

Internet pun memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan kegiatan pemerintah melalui e-goverment seperti yang kita lihat saat ini banyak di daerah yang sudah mempublikasikan pengelolaan dana dan kegiatan birokrasi sehingga warga disekitar sangan diuntungkan dan sangat memudahkan.

Itulah beberapa informasi tentang perkembangan Internet dan Sejarahnya. Apabila artikel ini bermanfaat buat kamu, kamu bisa meninggalkan komentar dibawah ini ya.




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda