Cara export objek di adobe Illustrator untuk pemula - Tulisan Cipta!

04 February 2022

Cara export objek di adobe Illustrator untuk pemula








Udah mau sebulan nih belum posting lagi. Oke lagi senggang nih,  saya mau nyempatin nulis postingan tentang cara untuk export objek di adobe illustrator.

Seperti yang sudah sering saya bilang, caranya mudah sekali dan ini bukan untuk para master, ini untuk desainer pemula yang baru mau belajar adobe illustrator yah.

Corel & Ai memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuat file vector namun keduanya memiliki cara & tool yang sangat berbeda. Dari segi penggunaan, interface dan shortcut.

Langsung aja kita mulai yuh karena bentar lagi saya harus kerja hehe.

1. Siapkan file yang sudah kamu buat, anggaplah kamu sudah menyiapkan gambar atau objek seperti gambar, banner atau yang lainnya.

2. Saya memberi contoh gambar dengan ukuran 200x100 mm yang sudah saya tandai merah dibawah ini. 


3. Di adobe illustrator objek yang ingin di export harus sesuai dengan ukuran artboard  yaitu 200x100 mm . Jadi kita harus menyamakan antara ukuran objek dan artboard.

4. Pilih Artboard tool ( Shift+O ) yang ada pada sebelah kiri layar


5. Drag artboard tool dari ujung objek gambar hingga sesuai atau double klik di objek tersebut hingga ukuran sudah sesuai dengan objek 200x100


Baca Juga : Membuat Text Fill Dengan Garis Di Adobe Illustrator

6. Jika sudah sesuai antara artboard dan objek gambar, lalu pilih File -> Export -> Export As


7. Tulis nama file objek -> Save as Type Jpeg -> Centang Use Artboard -> Pilih Range dan tulis angka sesuai dengan artboard yang kita gunakan pada menu bar bagian bawah yang saya beri tanda merah ( jika artboar 1 range ditulis 1 , jika artboard 2 range ditulis 2 dan seterusnya ) kemudian klik Export


8. Muncul notif JPEG Options pilih Color Model RGB , sesuaikan Quality dan resolution sesuai kebutuhan kita. lalu klik OK



Selesai deh, kita baru saja belajar tentang export objek di adobe illustrator. Jangan lupa untuk dipraktekan sendiri ya.

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya . 

Gambar hasil export dari adobe illustrator





Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda